Jumat, 07 April 2017

Bug Ini Membuat Jutaan Android Dan iPhone Dapat Diretas, Apakah Punyamu Aman?





gambar: techviral.net
RanahTekno - Walaupun smartphone sekarang dibuat dengan berbagai keamanan yang ada, tetaplah ada suatu celah yang memungkinkan hacker untuk meretasnya. Kali ini, bug-lah yang menyebabkan adanya celah tersebut.

Tim Google Project Zero-lah yang telah menemukan bug itu, yang mana terdapat pada WiFi card yang digunakan pada Android dari berbagai manufaktur, dan juga iOS pada iPhone. Menurut tim tersebut, kerentanan yang disebabkan oleh bug itu memungkinkan hacker untuk dapat mengakses ponsel dan memperoleh akses penuh dari perangkat.

gambar: blog.hotspotshield.com
Menurut Gal Beniamini, spesialis dalam Project Zero, kerentanan memungkinkannya untuk mengakses berbagai layanan dan juga aplikasi yang terinstall pada ponsel dan peretas dapat mengakses email, sosial media, aplikasi pesan instan, dan bahkan aplikasi banking pengguna.

Tidak hanya itu, kerentanan ini juga memungkinkan peretas untuk mengontrol perangkat terkait tanpa interaksi pengguna dan bahkan pengguna tidak tahu sama sekali bahwa perangkat mereka telah diretas.

Tim Project Zero mendemonstrasikan bagaimana kerentanan dapat dieksploitasi menggunakan Google Nexus 6P yang menjalankan Android Nougat 7.1.1. Daftar smartphone yang terdapat kerentanan yaitu Nexus 6, Nexus 6P, iPhone 4/lebih tinggi, dan banyak smartphone Samsung kelas atas.
Ilustrasi. (gambar: dailydot.com)
Untuk mengatasi kerentanan, Google dan Apple telah memperbaikinya dengan patches yang mana dapat diunduh pengguna melalui fitur perbaharui perangkat. Perangkat iPhone dengan sistem operasi yang telah diperbaharui tidak akan terkena kerentanan ini. Google juga telah membuatnya tersedia untuk berbagai perangkat Android untuk memperbaikinya. Akan tetapi, beberapa vendor mendistribusikan perbaharuan versi mereka sendiri dan mungkin merusak berkas pembaharuan yang telah Google berikan.

Jadi, jika ponselmu telah diperbaharui beberapa waktu yang lalu, kamu tidak perlu khawatir akan adanya kemungkinan ponselmu diretas karena kerentanan pada WiFi card ini. Akan tetapi, bagi kamu yang sampai saat ini belum juga memperbaharui ponselmu, segeralah!
Referensi: https://techviral.net/wi-fi-chip-bug/

BAGIKAN

0 komentar:

Harap berkomentar dengan baik, ya! Jangan spam, ataupun menyisipkan link dalam komentar, ya!