Kamis, 20 April 2017

Cara Melacak dan Mencegah Smarphone Androidmu Hilang!

Gambar: shutterstock.com
RanahTekno - Smartphone di era modern seperti sekarang menjadi salah satu kebutuhan pokok sebagian besar kalangan. Maka tak heran jika orang-orang menjaga smartphone milik mereka selayaknya salah satu barang berharga mereka.

Meskipun begitu, masih ada orang yang kehilangan smartphone mereka. Entah itu karena kelalaian pemilik, dicuri, ataupun karena alasan lainnya. Seringkali orang yang kehilangan bukannya berusaha lebih keras dalam mencari, tapi malah smartphone cenderung panik, kaget, sedih, dan lainnya.

Padahal, smartphone sekarang sudah dilengkapi beberapa fitur yang dapat lebih memudahkan pemilik untuk mencarinya jika hilang, dan tentu beberapa fitur yang dapat mencegahnya pula. Lantas, apa-apa saja yang seharusnya kamu lakukan supaya ketika kehilangan dapat mudah menemukannya? Berikut ulasannya.

1. Install Android Device Manager


Gambar: play.google.com
Hal yang patut kamu lakukan setelah membeli ponsel baru, ataupun jika ponselmu belum terinstall aplikasi ini, segeralah menginstallnya. Karena aplikasi ini akan sangat membantumu untuk menemukan smartphone milikmu yang hilang.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengunci smartphonemu, serta memberi pesan di dalamnya melalui ponsel android lain ataupun laptopmu yang terkoneksi ke akun Google yang sama. Jadi, kamu bisa menuliskan alamat, dan nomer ponselmu di locksreen smartphonemu yang hilang.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menampilkan lokasi smartphonemu, dan juga dapat menderingkannya dengan volume penuh selama 5 menit.

2. Mulai Menemukan

Kalau ponselmu sudah terinstall Android Device Manager, dan telah hilang. Kamu bisa melakukan ini. Pertama, masuk ke akun Googlemu yang sebelumnya terkoneksi dengan Android Device Manager. Setelah itu, ketik "where is my phone" di Google.

Sumber: Dok. pribadi
Lalu ketikkan kata sandimu lagi.

Sumber: Dok. pribadi
Akhirnya, kamu bisa tahu lokasi ponselmu, dan juga dapat melakukan hal-hal yang saya sebutkan di atas.

Sumber: Dok. pribadi
Kamu sebenarnya bisa melakukan ini tanpa aplikasi tersebut sekalipun. Akan tetapi, tetap saja lokasi yang ditampilkan tidak bisa seakurat jika sudah menginstall, dan juga tidak bisa mengunci ataupun menderingkannya. Karena kedua hal tersebut dilakukan melalui media aplikasi tadi.

Nah, segera lakukan aplikasi yang sangat berguna ini, jangan sampai menyesal nantinya karena saat hilang belum terinstall aplikasi rilisan Google Inc. ini.

BAGIKAN

0 komentar:

Harap berkomentar dengan baik, ya! Jangan spam, ataupun menyisipkan link dalam komentar, ya!