Minggu, 30 Oktober 2016

Cara Ampuh Hilangkan Kecanduan Game

Foto via Patrick Brosset
RanahTekno - Game pada jaman sekarang ini merupakan "makanan" sehari-hari bagi hampir semua kalangan, dengan berbagai alasan. Mulai dari mengisi waktu luang, menghibur diri, menghilangkan stress, dan berbagai alasan lain. Mungkin kamu juga, bukan? Namun, hati-hati, kalau nge-game secara terus menerus apalagi tanpa adanya batasan, kalian bisa saja kecanduan game, loh!
Baca juga : Ngecharge HP Saat Paket Data Aktif, Bikin Baterai Kembung?
Terus, kalau kecanduan game, emang kenapa? Eitss, jangan dianggap remeh loh! Akibat kecanduan game cukup berat jika dibiarkan begitu saja. Contohnya saja, mata menjadi minus, malas belajar, sering lupa waktu, dan lain-lain. Bahkan, ada beberapa kasus, mahasiswa di DO (Drop-Out) karena kecanduan game online (ataupun offline).

Nah, jika kamu sekarang merasa sedang kecanduan game, dan kamu ingin menghilangkan kecanduan itu, ikuti saja beberapa cara ampuh yang dapat menghilangkan kecanduan game.

Cara Menghilangkan Kecanduan Game

Sebelum ke tips-tips menghilangkan game, saya mau bertanya, apa kalian sudah memiliki NIAT, TEKAD, dan KOMITMEN untuk menghilangkan kecanduan game? Jika sudah, silahkan lakukan beberapa/salah satu tips dibawah ini untuk menghilangkan kecanduan game, dan saya yakin akan ampuh untuk menghilangkan kecanduan game, karena kalian sudah memiliki-nya. Namun, jika belum memiliki-nya, saya yakin walaupun kalian melakukan beberapa cara dibawah ini, akan tetap sama saja. Seperti yang dilansir DetikInet berikut tipsnya:

1. Buat Aturan

Buat aturan pada diri sendiri, sehari/seminggu boleh bermain game berapa jam. Dan jangan lupa, buat juga sanksi yang diberikan kepada diri sendiri jika melanggar aturan tersebut. Minta tolonglah kepada orangtua/teman/pacar supaya mengingatkan tentang aturan yang telah kamu buat itu. Jika perlu, tulis di kertas dengan besar, dan tempelkan di kamar agar senantiasa mengingatnya.

2. Pisahkan Ruangan

Jika memungkinkan, pisahkan ruangan kerja/belajar dengan ruangan untuk bermain game. Itu akan memudahkanmu untuk menjauhkan pikiranmu tentang game. Jadi, kamu akan lebih fokus terhadap pekerjaan/tugas-mu.

3. Fokus Pada Tujuan

Berfokuslah pada tujuan kalian, jadikan itu sebagai prioritas utama. Jika ada tugas, tugas tersebut diselesaikan dulu baru boleh bermain game. Tanamkan mindset bahwa boleh bermain game ketika pekerjaan/tugas-tugas kamu sudah terselesaikan.

4. Habiskan Waktu Bersama Teman/Keluarga

Perbanyak waktu untuk bersama teman, ataupun keluarga. Keduanya cukup penting untuk mencapai tujuan (dalam hal ini menghilangkan kecanduan game). Ketika kamu sudah merasa asyik dengan teman-teman ataupun keluarga-mu, maka pikiranmu tentang game akan hilang secara perlahan-lahan.

5. Isi Waktu Dengan Kegiatan Produktif

Gantikan waktu yang sebelumnya kalian gunakan untuk bermain game dengan kegiatan-kegiatan lainnya yang lebih produktif, contohnya saja berolahraga, membaca buku favorit, ataupun melakukan hobi (selain bermain game).

6. Hapus Game/Jual Konsol

Jika ke-5 hal di atas belum bisa menghilangkan kecanduan game, kamu bisa melakukan cara yang terakhir, yaitu menghapus semua game yang ada pada pc/laptop/ponsel pintar, ataupun menjual konsol game milik-mu (Contoh: Playstation, Xbox, dll). Cara ini akan efektif jika kamu bisa menahan diri untuk mengunduh game lagi, atau bahkan membeli konsol game lagi.

Sebenarnya, main game itu boleh-boleh saja, asal dapat mengatur waktu dengan baik dan tidak meninggalkan kewajiban ataupun tugas-tugas yang harus diselesaikan.
Baca juga : Android vs iPhone, Mana yang Lebih Stabil?
Nah, bagaimana? apa kamu sudah bisa menghilangkan kecanduan game-mu, jika masih belum juga walaupun sudah melakukan 6 cara hilangkan kecanduan game di atas, jangan sungkan untuk membicarakannya di komentar, ataupun jika kamu memiliki saran/kritik terhadap artikel ini, silahkan sampaikan lewat komentar.

BAGIKAN

0 komentar:

Harap berkomentar dengan baik, ya! Jangan spam, ataupun menyisipkan link dalam komentar, ya!